Blog Competition 2019 #2019GANTIBIMBEL

Kelas 7 - BAB 7 Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup

Ciri khas yang menunjukan organisasi ialah adanya suatu pengaturan dan kerja sama. Adapun urutan organisasi kehidupan ialah sebagai berikut:
  1. Molekul
molekulMolekul didefinisikan sebagai sekelompok atom (paling sedikit dua) yang saling berikatan dengan sangat kuat (kovalen) dalam susunan tertentu dan bermuatan netral serta cukup stabil. Menurut definisi ini, molekul berbeda dengan ion poliatomik. Dalam kimia organik dan biokimia, istilah molekul digunakan secara kurang kaku, sehingga molekul organik dan biomolekul bermuatan pun dianggap termasuk molekul.
Dalam teori kinetika gas, istilah molekul sering digunakan untuk merujuk pada partikel gas apapun tanpa bergantung pada komposisinya. Menurut definisi ini, atom-atom gas mulia dianggap sebagai molekul walaupun gas-gas tersebut terdiri dari atom tunggal yang tak berikatan.
Sebuah molekul dapat terdiri atom-atom yang berunsur sama (misalnya oksigen O2), ataupun terdiri dari unsur-unsur berbeda (misalnya air H2O). Atom-atom dan kompleks yang berhubungan secara non-kovalen (misalnya terikat oleh ikatan hidrogen dan ikatan ion) secara umum tidak dianggap sebagai satu molekul tunggal.
  1. Sel
seSel adalah satuan fungsi dan struktur terkecil dari suatu makhluk hidup. Tubuh hewan, tumbuhan, maupun tubuh manusia tersusun atas sel. Mata kita tidak dapat mengamati dengan jelas benda-benda yang besarnya kurang dari 100 mikron (1 mikron = 0,001 milimeter), sedangkan ukuran sel berkisar 5 – 15 mikron. Akan tetapi, ada sel yang berukuran cukup besar, misalnya sel telur unggas dan sel telur reptil. Sel telur unggas dan reptil adalah kuning telurnya, berukuran besar karena mengandung cadangan makanan.
Pada masa lampau penelitian tentang sel masih sangat terbatas. Pada saat itu belum ditemukan alat-alat yang dapat digunakan untuk mengamati sel dengan saksama. Pada tahun 1665 seorang ahli berkebangsaan Inggris bernama Robert Hooke berhasil mengamati preparat sel dengan mikroskop buatan sendiri. Ia mengamati irisan gabus yang tipis. Dalam pengamatan itu, ia melihat adanya ruangan-ruangan kecil. Selanjutnya ruangan-ruangan kecil tersebut diberi nama sel. Sel terdiri dari membran sel, sitoplasma (retikulum endoplasma, badan golgi, dan mitokondria), dan inti sel.
  1. Jaringan
brain_cell_neurons
Illustration of neural cells for article about regenerating oligodendroglial cells for memory improvement.
Jaringan adalah sekelompok sel yang bentuk dan fungsinya sama. Jaringan pada hewan adalah jaringan otot, jaringan syaraf, jaringan penyokong, jaringan tulang rawan, jaringan ikat, jaringan darah, jaringan epitel (squamos, kolumnar, kuboidal). Jaringan pada tumbuhan adalah jaringan meristem, jaringan pengangkut, jaringan epidermis, pembuluh tapis, jaringan penyokong, dan pembuluh tapis.



  1. Organ
organsBeberapa macam jaringan bekerja sama membentuk suatu alat tubuh yang melakukan pekerjaan tertentu. Alat tubuh makhluk hidup disebut organ. Pada tubuh manusia dan hewan menyusuiterdapat beberapa organ, antara lain jantung, paru-paru, mata, telinga, dan ginjal.


  1. Sistem organ
sistemSistem organ adalah kumpulan dari berbagai organ dan menjalankan tugas tertentu disebut sistem organ. Sistem organ yang terdapat dalam tubuh manusia antara lain: sistem integumen, sistem pencernaan, sistem respirasi, sistem kerangka, dan sistem reproduksi.


  1. Organisme
organismeDalam biologi dan ekologi, organisme (dalam bahasa Yunani organon yang berarti alat) adalah kumpulan molekul-molekul yang saling mempengaruhi sedemikian sehingga berfungsi secara stabil dan memiliki sifat hidup. Istilah organisme kompleks mengacu pada organisme yang memiliki lebih dari satu sel.


  1. Populasi
populasiPopulasi adalah kumpulan individu sejenis yang hidup padasuatu daerah dan waktu tertentu disebut populasi Misalnya, populasi pohon kelapa dikelurahan Tegakan pada tahun 1989 berjumlah 2552 batang.
Ukuran populasi berubah sepanjang waktu. Perubahan ukuran dalam populasi ini disebut dinamika populasi. Perubahan ini dapat dihitung dengan menggunakan rumus perubahan jumlah dibagi waktu. Hasilnya adalah kecepatan perubahan dalam populasi. Dinamika populasi dapat juga disebabkan imigrasi dan emigrasi. Hal ini khusus untuk organisme yang dapat bergerak, misalnyahewan dan manusia. Imigrasi adalahperpindahan satu atau lebih organisme kedaerah lain atau peristiwa didatanginya suatu daerah oleh satu atau lebih organisme; didaerah yang didatangi sudah terdapat kelompok dari jenisnya. Imigrasi ini akan meningkatkan populasi.
Emigrasi adalah peristiwa ditinggalkannya suatu daerah oleh satu atau lebih organisme, sehingga populasi akan menurun. Secara garis besar, imigrasi dan natalitas akan meningkatkan jumlah populasi, sedangkan mortalitas dan emigrasi akan menurunkan jumlah populasi. Populasi hewan atau tumbuhan dapat berubah, namun perubahan tidak selalu menyolok. Pertambahan atau penurunan populasi dapat menyolok bila ada gangguan drastis dari lingkungannya, misalnya adanya penyakit, bencana alam, dan wabah hama.
  1. Komunitas
komunitasKomunitas ialah kumpulan dari berbagai populasi yang hidup pada suatu waktu dan daerah tertentu yang saling berinteraksi dan mempengaruhi satu sama lain. Komunitas memiliki derajat keterpaduan yang lebih kompleks bila dibandingkan dengan individu dan populasi.
Dalam komunitas, semua organisme merupakan bagian dari komunitas dan antara komponennya saling berhubungan melalui keragaman interaksinya.

  1. Ekosistem
ekosistemEkosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya. Ilmu yang mempelajari ekosistem disebut ekologi.
Antara komunitas dan lingkungannya selalu terjadi interaksi. Interaksi ini menciptakan kesatuan ekologi yang disebut ekosistem. Komponen penyusun ekosistem adalah produsen (tumbuhan hijau), konsumen (herbivora, karnivora, dan omnivora), dan dekomposer/pengurai (mikroorganisme).

  1. Biosfer
1389598181_yawilliq
Biosfer adalah karakteristik ekosistem pada bagian wilayan di bumi. Ekosistem dibedakan menjadi dua macam, yaitu ekosistem perairan dan ekosistem daratan. Kemudian, karena kondisi wilayah bumi yang berbeda – beda maka menimbulkan beragam biosfer yang ditemukan dalam suatu ekosistem. Contoh beragam ekositem yang ditemukan didaratan antara lain biosfer gurun, biosfer tundra, taiga, dan lainnya. Dengan kata lain, biosfer merupakan ekosistem yang memiliki karakter khusus.

  1. Bioma
biomaBioma merupakan bumi yang menggambarkan kehidupan organisme dalam tiap – tiap kehidupan dalm suatu biosfer. Dalam arti lain, bioma adalah kumpulan dari beragam biosfer di bumi. Bioma merupakan organisasi kehidupan paling kompleks. Faktor – faktor yang menyebabkan perubahan global, seperti yang terjadi pada global warming akan berdampak pada seluruh penghuni bumi (bioma).