Blog Competition 2019 #2019GANTIBIMBEL

Kelas 9 - BAB 1 Sistem Reproduksi pada Manusia

A. Pembelahan Sel
Pembelahan sel terjadi untuk kelangsungan hidup bagi semua makhluk hidup. Mengapa perlu pembelahan sel? Karena pembelahan sel berguna untuk pertumbuhan, perbaikan dan reproduksi.
Terapat dua jenis pembelahan sel yaitu mitosis dan meiosis.
Pada pembelahan mitosis sel dapat menghasilkan dua sel anakan yang memiliki karakter indentik secara genetik dengan sel induk.
Sedangkan pembelahan meiosis dapat menghasilkan empat sel anakan yang masing-masing sel anakan hanya memiliki separuh dari jumlah kromosom sel induk.

B. Struktur dan Fungsi Sistem Reproduksi Manusia
Organ Reproduksi pada Laki-laki
Alat reproduksi pada laki-laki ada dua macam, yaitu alat reproduksi luar dan alat reproduksi dalam. Untuk alat reproduksi luar terdapat diluar tubuh yang dapat diamati secara langsung yaitu penis dan skrotum.
Sedangkan alat reproduksi dalam merupakan alat reproduksi yang terletak pada bagian dalam tubuh dan tidak dapat diamaati secara langsung.
Yang termasuk alat reproduksi dalam yaitu testis, saluran sperma, dan kelenjar reproduksi (meliputi Vesikula Seminalis, Kelenjar Prostat, dan Kelenjar Cowper).
Sebagai tanda bahwa sistem reproduksi pada laki-laki telah matang adalah keluarnya cairan mani dari penis. Keluarnya mani terjadi pada saat anak laki-laki mimpi basah, umumnya terjadi pada usia 10-14 tahun.
Organ Rproduksi pada Perempuan
Seperti halnya alat reproduksi laki-laki, pada alat reproduksi perempuan juga dibedakan atas alat reproduksi luar dan alat reproduksi dalam.
Alat reproduksi perempuan yang terletak di luar yaitu vulva dan labium.
Sedangkan alat reproduksi perempuan yang terletak di dalam yaitu ovarium saluran reproduksi yang terdiri atas Saluran Telur, Rahim, dan Vagina.
C. Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia dan Pencegahannya
Kelainan dan penyakit yang dapat terjadi pada sistem reproduksi manusia. Antara lain: HIV/AIDS, Gonore (GO), Sifilis (Raja Singa),dan Herpes Simplex Genitalis. Selain itu juga Keputihan pada perempuan, dan Epididimitis pada laki-laki.
Kebersihan alat reproduksi yang kurang terjaga mudah terjangkit penyakit yang disebabkan oleh jamur, bakteri, dan parasit lainnya.
Selain itu penyakit sistem reproduksi juga dapat terjadi akibat pergaulan bebas dan penggunaan narkoba.
Guna mencegah terjadinya penyakit pada alat reproduksi, sebaiknya menjaga kebersihannya dan menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan narkoba.