Kelas 8 – BAB III Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang Pengaruhnya Terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya di Indonesia dan ASEAN
- Get link
- X
- Other Apps
KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTARRUANG PENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN
EKONOMI, SOSIAL, BUDAYA DI INDONESIA DAN ASEAN
A. Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku Ekonomi dalam
Suatu Perekonomian.
1. Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang dalam Permintaan, Penawaran, dan
Teknologi.
Setiap orang pasti mengomsumsi barang yang berbeda-beda. Dan apa yang di
konsumsi itu kadang tidak tersedia di sekitarnya.
Perilaku konsumsi masyarakat pedesaan tentu akan berbeda dengan perilaku
konsumsi masyarakat perkotaan.
Masyarakat pedesaan akan lebih sedikit mengonsumsi barang dan jasa
dibandingkan dengan masyarakta perkotaan
2. Pengertian Pelaku Ekonomi.
Terdapat empat pelaku ekonomi, yaitu:
a. rumah tangga keluarga atau konsumen.
b. perusahaan atau produsen.
c. pemerintah
d. luar negeri
Keempatnya berperan penting dalam menggerakkan roda perekonomian suatu
negara.
3. Peran Pelaku Ekonomi dalam Perekonomian.
Konsumen membutuhkan barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. Dalam
hal ini konsumen memilki dua peran, yaitu sebagai konsumen dan faktor produksi.
Diantara produsen dan konsumen ini terdapat distributor yang berperan
sebagai penyalur barang dan jasa.
B. Perdagangan Antardaerah atau Antarpulau dan
Perdagangan Internasional
1. Perdagangan dan Perdagangan Antardaerah/Antarpulau.
Jumlah pulau di Indonesia menurut data Departemen Dalam Negeri tahun
2004 adalah sebanyak 17.504 buah. 7.870 di antaranya telah mempunyai nama,
sedangkan 9.634 belum memiliki nama.
Sedangkan pulau yang sudah berpenghuni sekitar 6.000 pulau. Perdagangan
antarpulau terjadi lantaran tidak semua barang tersedia di pulau tersebut.
2. Perdagangan Antarnegara.
Terjadinya perdagangan antarnegara mengabitkan adany kegiatan ekspor dan
impor. Ekspor adalah kegiatan menjual hasil produksi ke luar negeri.
sedangkan impor kegiatan mendatangkan barang dari luar negeri ke dalam negeri.
C. Penguatan Ekonomi dan Agrikultur di Indonesia
1. Penguatan Ekonomi Maritim.
Sekitar 75% wilayah nusantara terdiri atas lautan atau perairan. Menurut
data FAO Indonesia merupakan negara peringkat kedua dalam produksi
perikanan tangkap. Dan peringkat keempat dalam produksi perikanan budi daya.
2. Penguatan Agrikultur di Indonesia.3. Strategi Pengembangan Agrikultur di
Indonesia
Agrikultur merupaka kegiatan pemanfaatn sumber daya alam hayati. Digunakan
agar menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri dan sumber energi.
3. Strategi Pengembangan Agrikultur di Indonesia
Pengemabngan agrikultur di Indonesia dilakukan dengan cara ekofarming,
distribusi pupuk yang merata dan perbaikan irigasi.
Materi IPS Kelas 8 SMP
MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
D. Pendistribusian Kembali (Redistribusi) Pendapatan Nasional
1. Pengertian Redistribusi Pendapatan.
Redistribusi adalah pendistribusian kembali pendapatan kelompok kaya kepada
masyrakat kelompok miskin. Kegiatan ini merupakan bentuk subsidi silang yang
diberikan dalam bentuk jaminan sosial.
2. Program Redistribusi untuk Pemerataan Distribusi Pendapatan di
Indonesia.
Strategi pemerintah dalam melakukan redistribusi pendapatan melalui
program:
a. pemberian jaminan askes kebutuhan dasar bagi masyarkat bawah.
b. pengembangan usaha atau industri kecil.
c. Corporate Social Responsibility (CSR) bekerjasama dengan pihak
swasta.
d. penegakan hukun dan keadilan ekonomi.
3. Beberapa Alternatif Praktik Redistribusi Pendapatan di Indonesia.
Sedangkan alternatif redistribusi pendapatan yang dilakukan oleh pemerintah
dengan jalan:
a. subsidi silang
b. mengefektifkan pengenaan pajak
- Get link
- X
- Other Apps