Blog Competition 2019 #2019GANTIBIMBEL

Kelas 8 - BAB II Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Seiring peradaban manusia berkembang pula ara penyampaian informasi. Dimulai dari gambar pada diding gua, prasasti, sampai dengan tulisan dan internet pada saat ini.
Perlu kita ketahui bahwa sebenarnya terdapat tahapan dalam perkembangan informasi. Pada tahun 3.000 SM mulai dikenal tulisan oleh bangsa Sumeria, meskipun berupa simbol piktografi.
Pada 2.900 SM Mesir kuno telah menggunakan huruf Hieroglif, yang mana  setiap ungkapan digambarkan dengan simbol yang berbeda.
Tahun 500 SM manusia mulai mengenal kertas. Kertas dibuat dari serat papyrus yang digunakan sebagai media menulis.
Sedangkan pada tahun 105 Masehi bangsa Cina mulai menemukan kertas seperti yang kita kenal sekarang ini.
Dengan ditemukannya kertas memungkinkan untuk menyimpan dokumen tertulis sebagai pesan komunikasi.
Pada masa lalu untuk menyampaikan informasi masih dilakukan komunikasi dengan sangat sederhana.
Komunikasi adalah penyampaian pesan atau informasi oleh seseorang kepada orang lain. Dalam menyampaikan informasi dapat dilakukan secara langsung maupun menggunakan media komunikasi.
Beberapa alat komunikasi pada masa lalu antara lain kentongan, daun lontar, lonceng, burung merpati, prasasti. Ada juga terompet, asap, serat papyrus, dan piktografi.
Mulai abad ke-20 teknologi komunikasi mulai berkembang pesat. Pemnemuan media digital menajdikan aktivitas manusia semakin mudah.
Yang termasuk media moern antara lain surat kabar, radio, televisi,faksimili, telepon, handphone, handy talky, dan komputer atau laptop.