Blog Competition 2019 #2019GANTIBIMBEL

Kelas 8 - BAB I Kerajinan Bahan Lunak

Kerajian Bahan Lunak

Kerajinan dari bahan lunak merupakan produk kerajinan dengan menggunakan bahan dasar bersifat lunak.
Bahan dasar yang bersifat lunak yaitu lentur, lembut, empuk dan  mudah dibentuk. Kerajinan ini sengaja dibuat dengan memadukan menggunakan bahan pewarna lain.
Jenis karya ini dapt dibedakan menurut manfaatnya. Ada yang digunakan sebagai perlengkapan busana, kelengkapan suatu benda, rumah dan keperluan ritual.
Bertolak pada prinsip kemanfaatannya, kerajinan ini dapat dikategorikan sebagai produk:
a. menambah keindahan penampilan
b. memberi kakhasan suatu benda
c. menjadi persyaratan pemakaian
d. dibuat sebagai duplukasi benda asli.
e. merupakan pertanda atau simbol
f. sebagai bagian dari karya seni
Keberadaan bahan lunak dari alam semakin menipis, sehingga digantikan bahan lunak buatan. Bahan lunak buatan ini lebih praktis, ekonomis dan memiliki nilai jual tinggi.
Bahan lunak alam dieroleh dari alam sekitar dan pengolahannya dicampur dengan bahan buatan. Contohnya tanah liat, kulit, getah kayu, dan bubur tisu.
Sedangkan bahan lunak buatan adalah bahan untuk karya kerajinan dicampur dengan zat kimia tertentu. Sehingga menjadi lunak, lembut, mudah dibentuk. Contohnya: polymer clay, gips, fiberglass, lilin, sabun, dan parafin.
Teknik kerajinan yang digunakan disesuaikan dengan karakteristik bahannya. Bisa tengan teknik  mengukir, mengecor, menempel , melipat dan mneggulung.
Sedangkan syarat perancangan benda kerajinan mengacu pada kegunaan, kenyamanan, keluwesan, keamanan dan keindahan.
Contoh kerajinan lunak bahan alam antara lain kerajinan keramik, kulit, adonan tepung, dan getah nyatu.
Banyak bahan buatan yang dapat digunakan untuk kerajinan. Bahan-bahan tersbut meisalnya lilin, plastik, kaca, gips, semen, fiberglass, sabun, parafin atau spon.